Unboxing ikan guppy serta tips perawatan

Gupiikan seribuikan cere, atau suwadakar (Poecilia reticulata), adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di indonesia atau asia tenggara ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Dalam perdagangan ikan hias dikenal sebagai guppy atau juga millionfish, di berbagai daerah lokal seperti gepi , bungkreung , cethul atau cithulklataw, dan lain-lain.
Ikan jenis ini sangat gampang sekali di kembang biak kan atau di pelihara karna unik nya dari ikan jenis ini ialah beranak.
Ikan ini juga sangat di gemari oleh kalangan penghobi ikan hias terutama penghobi ikan guppy karena ikan ini eksotis dengan banyak warna ataupun warna yang beragam tergantung jenisnya.


Baik lah sobat guppy... Mari kita simak bagaimana cara penanganan unboxing serta perawatan ikan guppy.

UNBOXING DAN PERAWATAN IKAN GUPPY
Pertama kita pastinya membuka packingan dari si pengirim ikan ini sobat.
Siapkan wadah ikan guppy kita seperti baskom, toples agak besar, bak , ataupun akuarium, tapi saya saranin pakai akiarium sobat karena kita bisa memantau si ikan tersebut.
Isi air wadah tadi dengan air yang sudah di endapkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2hari sobat kenapa harus 2hari? Karena air endapan itu mengandung oksigen yang sangat penting bagi ikan serta membuat ikan nyaman dan tidak gampang stress sobat dan lebih bagus lagi di kasih aerator yang bisa di beli di toko akuarium.

Setelah itu kasih garam ikan bukan garam dapur yaa sobat, garam ini bisa di beli di toko akiarium fungsinya untuk mencegah bakteri atau penyakit pada ikan atau mensterilkan air, beri garam ini secukupnya sekitar dua sendok makan.
Lalu masukan ikan bersama plastik pembungkusnya ke dalam akuarium atau wadah yang sudah di persiapkan tunggu 5 menit agar ikan beradaptasi dengan suhu air di wadah.
Buka plastik jangan terlalu lebar tapi ada celah sedikit dan masukan air di dalam wadah ke dalam plastik berisi ikan guppy, biarkan selama 5 menit.

Kenapa harus seperti ini ? karena ikan guppy punya kecenderungan akan stress bila tidak beradaptasi di lingkungan baru sobat.

Setelah itu lepaskan bersama air yang ada dibungkus plastik secara perlahan.
Jangan di beri makan dulu selama 24jam ini bertujuan agar ikan supaya beradaptasi dengan lingkunganya dulu.

Sementara untuk pakan sobat.
Sobat guppy bisa kasih pakan berupa pelet (ukuran kecil), cacing darah, cacing sutra, artemia, ataupun rebusan kuning telur.

Serta untuk menguras air wadah usahakan jaga kualitas air dengan mengganti air 3 hari sekali atau paling lama seminggu sekali sobat..
Cara mengurasnya kurangi air 30% dari wadah dan isi lagi air baru yang sudah di endapkan dahulu.


Nah.. sobat mudah kan memeliharanya, guppy berkualitas air juga berkualitas.

Sekian sobat guppy semoga blog yang saya tulis bermanfaat..
Terima kasih....





Comments